APEL PAGI BERSAMA PAK KEPALA SEKOLAH

Senin, 20 Januari 2020

Selamat Hari Senin Kawan….

Selamat menyambut pagi yang baru di minggu yang baru. Nah agenda kegiatan pagi ini adalah apel pagi yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah. Gunanya apa sih apel itu? Apel pagi dianggap sebagai media paling jitu yang dapat digunakan untuk menyampaikan himbauan dan pesan secara langsung bagi Kepala Sekolah kepada siswanya. Apa sih yang dihimbau Bapak Kepala Sekolah pada apel pagi ini?

Pertama, betapa pentingnya bagi siswa untuk mentaati tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sosial masyarakat. Seperti misalnya, cara berpakaian rapi, berdasi dan berikat pinggang, menggunakan atribut dan seragam sesuai hari yang berlaku, merupakan contoh kecil aplikasi tertib dan taat kepada peraturan.

                    

Kedua, himbauan untuk siswa agar tidak mengendarai kendaraan bermotor tanpa membawa kelengkapan surat bermotor. Sudah banyak kecelakaan yang terjadi dan memakan korban luka ringan hingga sampai meninggal dunia dan beberapa persen dari jumlah korban tersebut merupakan siswa sekolah. Oleh karena itu, pada apel pagi ini, Bapak Kepala Sekolah menekankan secara berulang-ulang agar siswa pun menyadari akan pentingnya hal itu.

                             

Ketiga, terkait dengan cita-cita sekolah adiwiyata, Bapak Kepala Sekolah beserta jajaran Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMP Negeri 45 Surabaya, berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik. Zero waste, itulah motto yang sedang berusaha diterapkan di lingkungan SMP Negeri 45 Surabaya. Dengan dimulai kepada seluruh siswa dihimbau untuk membawa tumbler dan tepak makan. Sehingga jumlah sampah plastik maupun kertas yang dihasilkan akan menurun drastis.

                                                               

Apa kalian tahu, betapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurai sampah plastik yang digunakan untuk bungkus jajanan itu? Ratusan tahun lamanya. Tidak hanya bungkusnya saja , jajanan itu pun tidak baik bagi kesehatan kita. Terutama pelajar.

                                                                                  

Nah, sebagai perwujudan perdana pengurangan sampah plastik, Senin pagi ini seluruh keluarga besar SMP Negeri 45 Surabaya, mengadakan kegiatan makan bersama dengan membawa bekal dari rumah , dan tumbler minum.

                                                   

Semoga dengan adanya kegiatan ini, harapan kita bersama untuk menciptakan sekolah adiwiyata bebas sampah plastik, dapat terwujud dengan sempurna…. 🙂