KEGIATAN P5 TEMA 2 KELAS VII, JUMAT 14 & 28 OKTOBER 2022 DI KEBUN BIBIT WONOREJO SURABAYA

 

Haaiii – haiiii gaesss..

Selamat pagiiiiiiiii 🙂

Siapa diantara kalian yang kelas 7?

Ikut ke Kebun Bibit Wonorejo nggak hayooo?

Eitss, di sana bukan untuk tamasya loo, tetapi untuk belajar dalam kegiatan P5 tema yang ke 2 yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, yang di koodinator oleh Bu Rahmi Yudha Sukma Trisna Rahayu, S.Pd. Sudah kenal kan dengan beliau??

Tema untuk kali ini berhubungan dengan sampah dan pengolahannya.

Yuk intip sedikit, kegiatan apa saja yang dilakukan di Kebun Bibit Wonorejo kali ini 😀

Tepat Hari Jumat tanggal 14 dan 28 Oktober 2022 kemarin kelas 7 di bagi menjadi 2 sesi yaitu minggu pertama tepatnya tanggal 14 kelas A-F dan tanggal 28 di minggu kedua kelas G-L karena jumlah siswa kelas 7 sendiri terlalu banyak jika digabung untuk 1 hari saja jadi dipecah menjadi 2 sesi.

Sebelumnya kita dari pihak sekolah wajib mendaftarkan ke pemkot untuk perijinan tempat jika mengadakan kegiatan di tempat tersebut, dan alhamdulillah pendaftaran kita di setujui.

Lanjut ke acara, teman-teman kita berkumpul dan dibriefing pukul 07.30, untuk persiapan, doa, dan pengarahan dari Bapak Ibu Guru. Lalu dilanjutkan dengan berfoto bersama per kelas dengan wali kelas masing-masing.

Naah, kita jelaskan dulu yaa di sini teman-teman memasuki 3 pos, ada 3 pos yang terdapat dalam Kebun Bibit Wonorejo Surabaya ini, apa saja itu?

  1. Pos untuk pengolahan sampah secara konvensional.
  2. Pos untuk pengolahan sampah menggunakan maggot.
  3. Pos pembibitan.

Dari pos yang pertama ini bisa dilihat di foto atas ada namanya bank sampah atau itu yang disebut pengolahan sampah konvensional, jadi sampah yg menumpuk tersebut diolah setiap hari, diputar dari yg bawah ditaruh di atas agar bisa membusuk dan menjadi kompos, ada alat untuk memutar sampah tersebut dan disini kita bisa meminta kompos secara gratis loo.

Lalu masuk pos yang kedua yaitu pengolahan sampah menggunakan maggot. Siapa yang tau maggot? maggot itu seperti larva, jadi sampah yang busuk tersebut nantinya akan diproses oleh maggot, dan nanti akan menjadi kepompong seperti foto-foto diatas. Setelah menjadi kepompong mereka akan menjadi lalat. Nah lalat disini adalah lalat baik, yaitu lalat yang bersih tidak mengandung penyakit karena kandungan makanan yang mereka konsumsi adalah sampah berupa sayur ataupun buah-buahan, setelah lalat kawin mereka bertelur dan dibudidaya di pos tersebut menjadi maggot/larva.

Dan selanjutnya pos yang terakhir yaitu Pos pembibitan, disini kita belajar cara menanam bibit pohon dan bunga.

Bapak-bapak disini juga ramah, mereka menjelaskan bagaimana cara bercocok tanam, ilmu yang baru untuk teman-teman bukan?

Banyak pohon, rumput hias, bunga yang di budidaya di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya. Dan lebih senangnya lagi kita boleh lo minta bibit dari pohon-pohon tersebut secara free alias gratis asalkan kita menyediakan alat transportasi sendiri.

Naah setelah itu kita istirahat dan mengerjakan LKPD yang telah disediakan per kelas secara berkelompok.

Dan akhirnya pukul 10.30 WIB selesai dan pulang ke rumah masing-masing dengan dijemput oleh orang tua mereka.

Naahh sekian cerita singkat tentang kegiatan P5 yang diikuti oleh kelas 7 di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya.

Semoga bermanfaat yaa dan tetap jaga protokol kesehatan!!!

Stay safe gaes 😀

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *