“MANASIK HAJI” SEBAGAI UPAYA PEMBENTUK KARAKTER SISWA

Assalamualaikum Wr Wb

Hai sobat, pagi ini Kamis, 27 Februari 2020, sekitar 700 siswa sekolah kami sedang melangsungkan kegiatan manasik haji. Manasik haji sendiri termasuk kedalam kegiatan pembelajaran diluar sekolah. Adapun tujuan dari adanya kegiatan ini adalah sebagai pembentuk karakter siswa melalui aspek kerohanian.

              

Apa itu manasik haji? Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji (wikipedia bahasa indonesia diakses 12/03/2020 pk.13.53WIB https://id.wikipedia.org/wiki/Manasik_Haji)

               

Sebagai salah satu aktivitas pembelajaran diluar kelas, manasik haji mengenalkan kepada siswa mengenai urutan yang ahrus dilakukan oleh para jamaah haji diantaranya bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

                                             

Semoga dengan adanya kegiatan ini, para siswa muslim SMP Negeri 45 Surabaya bisa semakin religius dan mengenal lebih mendalam mengenai ibadah haji yang termasuk dalam rukun islam yang kelima ini. Dan semoga, kita semua bisa diijinkan untuk bisa datang ke Mekkah , dan mengunjungi makam Rasulullah SAW. Aamiin