KEGIATAN SAS (SEKOLAH AREK SUROBOYO) DI SMP NEGERI 45 SURABAYA

Selamat pagi teman-teman…

Pagi-pagi sudah mendung, hoams banget kan yaa? Eitss tapi harus tetap semangat dong supaya bisa menjalani pembelajaran dengan baik.

Yuk semangat-semangat!!!!

Naaahh kebetulan ada berita baru nih untuk kalian dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Tau ga sih mulai tanggal 10 November 2022 kemarin Bapak Eri Cahyadi atau Bapak Walikota Surabaya kita sudah menetapkan bahwa dilarang memberikan PR (Pekerjaan Rumah) untuk siswa dan sekolah pembelajaran formalnya hanya sampai pukul 12.00, itu merupakan bentuk implementasi dari sekolah yang rekreatif dan edukatif. ”Rekreatif tidak harus ke taman safari. Di dalam sekolah juga harus menyenangkan,’’ imbuh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar bisa membangun karakter dari siswa itu sendiri. Makanya kenapa Sekolah Arek Suroboyo (SAS) ini di terapkan.

Dan kegiatan berikutnya tinggal dilanjutkan dengan eksplorasi potensi dan bakat siswa. Kegiatan lebih banyak di luar ruang kelas. Kegiatan itu bisa dikemas secara rekreatif. Dengan demikian, siswa betah dan tidak bosan di sekolah.

Sebaliknya, jangan sampai siswa merasa bosan di sekolah karena jam belajar yang tidak efektif. Padahal, seharusnya sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. Khususnya dalam mengeksplorasi diri, kemampuan, dan bakat.

Menurut Bapak Martadi, banyak hal yang bisa dieksplorasi. Misalnya, membuat proyek kecil-kecilan di lingkungan sekolah, membuat proyek profil pelajar Pancasila, atau yang lainnya. Kegiatan itu bisa dilakukan di kebun sekolah, perpustakaan, atau lapangan sekolah. Bisa juga kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini sudah dikembangkan oleh sekolah masing-masing.

APA ITU SEKOLAHE AREK SUROBOYO?

– Digagas untuk menguatkan karakter siswa.

– Memperkuat nilai agama, adab, serta sopan santun kepada guru dan orang tua.

– Bersosialisasi dan gotong royong dengan sesama siswa.

– Sejalan dengan kurikulum merdeka belajar dari Kemendikbudristek.

– Belajar di sekolah harus tuntas tanpa membawa PR ke rumah.

– Eksplorasi potensi dan bakat siswa.

– Kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan karakteristik sekolah.

Nah, di SMP Negeri 45 Surabaya sendiri sudah menerapkan itu dari minggu ini dari Hari Senin tanggal 14 November 2022 kemarin.

Untuk Hari Senin kita ada pembiasaan literasi dan numerasi.

Hari Selasa tentang kearifan lokal, kemarin kita membuat rujak manis bersama tiap kelas.

Hari Rabu kita ada tentang pengembangan spiritual, membahas tentang adab makan.

Hari Kamis ini kita mengadakan Lingkungan Hidup.

Dan Jumat ada Jumat Bersih, Jumat Sehat, Jumat Insprirasi dan Jumat Ekspresi.

Kira-kira gimana pendapat kalian??

Setuju tidak dengan Sekolah Arek Suroboyo???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *