Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

KELEBIHAN

  1. Bisa Ngumpulin Tugas Di Mana Aja

Ini nih yang enak dari penggunaan Google Classroom. Ketika ada tugas, di mana pun dan kapan pun lo siap buat ngumpulin tugas, lansung kirim aja. Nggak perlu tuh yang namanya repot-repot datang ke sekolah, nyari guru yang bersangkutan, dan takut nggak keburu ngumpulin. Dengan sistem online ini, lo tinggal submit tugas ke email guru yang bersangkutan dan nilai lo auto masuk. Enak yah…

2. Paperless. Ramah Lingkungan

Nah, dengan menggunakan sistem online, berarti kita mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan belajar mengajar. Pastinya ini merupakan hal yang ramah lingkungan. Jadi, ketika lo semua udah menggunakan sistem online dalam pembelajaran dan meninggalkan kertas, artinya kita sudah memberi sumbangsih terhadap pelestarian lingkungan. Hal kecil yang ternyata berdampak banyak ya, Sob…

3. Efektif Waktu

Segala sesuatu yang berbau online memang menghemat waktu banget sih. Ketika tugas-tugas sekolah lo bisa dikirim secara online, lo nggak perlu lagi tuh yang namanya kejar-kejaran dengan waktu buat ngerjain tugas. Lebih efektif kan?

4. Simpel, Nggak Pegel Nulis

Sebagai Gen Z, pastinya kita lebih akrab dengan keypad dibandingkan dengan pulpen. Dengan sistem online, lo nggak perlu pegel-pegel nulis lagi. Tinggal cari referensi, copy paste, edit dikit, dan jadi. Nggak ada lagi tuh yang namanya minjem-minjem tip-ex atau penghapus temen pas lagi nungas. Toh, di setiap keyped pasti udah ada penghapusnya. Hehehe…

Tapi nih, sob, di antara kelebihanya, sistem online Google Classroom ini juga masih punya beberapa hal yang nggak disukai sama kalanagan pelajar. Langsung nih di cek apa aja sih kekurangannya.

KEKURANGANNYA

  1. Butuh Internet Yang Super Stabil

Nah, ketika lo menggunakan Goggle Classroom, pastikan  internet lo dalam keadaan yang super duper stabil. Kenapa? Karena kalo ilang sinyal dikit, bisa-bisa lembar kerja lo jadi error seketika bahkan hilang. Jadi, lo harus pastiin, kalo internet yang lo gunain itu kenceng dan oke. Tambahan nih, ketika lo menggunakan Google Classroom, lo wajib untuk online terus. Ga ada namanya offline. Jadi, siapkan wifi atau kuota lo ya.

2. Kadang Lebih Enak Buka Di Laptop Dibandingkan Dengan di Hape

Walau Google Classroom itu bisa diakses di hape, terkadang lebih enak buka lamannya di laptop. Tampilan dan pengaturannya juga lebih gampang. Apalagi kalo buat bahan presentasi, ada beberapa items yang cuma bisa digunain kalo buka Google Classroom di laptop. Jadi, ya nggak sepeuhnya lo bisa akses kapanpun dan dimana pun.

3. Harus Download Banyak Aplikasi, Menuhin Memori

Dalam menggunakan Google Classroom, ada lagi nih aplikasi yang harus lo download guna menunjang kinerja lo di Google Classroom seperti Google Slides, Google Dox, dan lainnya. So, buat lo yang memori hpnya udah full, ini ngeganggu banget sih!

4. Lagi Enak-Enaknya Libur, Eh Ada Tugas

Terakhir! Ini yang paling nyebelin. Karena sistemnya online, apa-apa tinggal pencet, bisa aja tuh pas lo lagi enak-enaknya liburan, tiba-tiba ada notifikasi, guru lo ngirim  tugas atau remedial. Pastinya itu nyebelin banget kan?

Untuk penggunaan Google Classroom kita bisa liat di link https://www.classroom.hsks.sch.id/src/panduan_classroom_siswa.pdf

Oke sobat HAI, jadi itulah kelebihan dan kekurangan penggunaan sistem online Google Classroom di kalangan pelajar. Dari data yang HAI dapet, rata-rata para pelajar yang menggunakan Google Classroom memberi angka 8 dari 10 untuk kenyamanan mereka dalam kegiatan belajar.  Gimana sama lo semua? Tertarik menggunakannya? Atau memang sudah diterapkan di sekolah lo semua?