Materi IPS kelas VII Siswa Reguler (20 Juli 2020)

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 

KELAS VII

MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN

(20 JULI 2020)

 

Assalamualaikum wr wb anak-anak! Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua!

Bagaimana kegiatan MPLS kemarin? Kalian mengenal sekolah, tenaga pendidikan dan kependidikan, serta kegiatan sekolah melalui MPLS. Selamat anak-anakku sudah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan tersebut dengan baik, meski ada perasaan kurang puas, karena tidak mengalami langsung. Kita berdoa semoga situasi seperti ini tidak berlangsung lama!

Anak-anak kalian tentu sudah mengenal pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar ya. Di SMP, IPS terdiri dari empat ilmu pengetahuan yaitu Geografi (Keruangan), Sosiologi (Interaksi manusia), Ekonomi (kebutuhan dan barang), serta Sejarah (peristiwa dan waktu/kronologi). Untuk bahan/sumber belajar, silakan mencari sebanyak-banyaknya, baik dari sumber yang tampak maupun tidak tampak, seperti buku, internet, dll, he he he he ….. Nah! Di pelajaran kita yang pertama kita akan mengenal MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN

Kalau dilihat peta konsepnya seperti ini

Pagi ini kita akan mulai belajar tentang  Ruang dan Interaksi Antarruang. 

Apa sih ruang itu? Ruang, adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal. Ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi. Ruang juga dapat diartikan sebagai wadah dari semua aktivitas manusia, hewan, tumbuhan yang ada di permukaan bumi. Sedangkan batas ruang dapat diartikan sebagai tempat dan unsur-unsur lainnya yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi.

Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas adalah halaman sekolah kita tercinta. Kalau halaman dianggap sebagai ruang (tempat di permukaan bumi yang digunakan makhluk hidup untuk tempat tinggal), maka halaman juga memiliki batas ruang (unsur lain yang memengaruhi kehidupan), misalnya udara, taman, ruang-ruang kelas, kamar mandi siswa, ruang perpustakaan, dll. Kalau saya sebutkan kamar mandi sebagai ruang, maka di situ ada batas ruang juga seperti dinding kamar mandi, lubang ventilasi, lampu, dll. Contoh yang saya sebutkan di atas adalah salah satu contoh yang kecil/sempit dari ruang. Ruang yang besar bisa dicontohkan kota, propinsi, negara, benua. Jadi, apakah kamu sudah paham dengan ruang dan batas ruang?????

 

Setelah membaca materi, jawablah pertanyaan berikut dengan pemahaman dan kata-katamu sendiri (tidak perlu sama persis dengan uraian materi)!

  • Disajikan dua wadah toples kaca besar : A adalah akuarium, B berisi manisan mangga.
  • Manakah diantara dua wadah tersebut yang menggambarkan ruang? ….. ..
  • Mengapa kamu memilih wadah tersebut! …. ..
  • Apa yang membedakan wadah A dan B? …. ..
  • Bisakah kalian menyebutkan contoh (1) ruang beserta (3) batas ruangnya? …. ..

Nah anak-anak, kalau kalian sudah dapat menjawab pertanyaan di atas, berarti kalian sudah memahami modul 1 dengan baik. Untuk penilaian tugas, kerjakan kuis di link berikut ya!

Selamat belajar, tetap di rumah, tetap sehat! Sampai jumpa lagi!

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *