Profil Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkannya dan sebgai sumber informasi yang memegang peranan penting dalam pembangunan nasional; dan merupakan sarana penunjang dalam pendidikan. Informasi dapat di peroleh dari berbagai jenis bacaan yang tersedia di perpustakaan. Hal tersebut sesuai dengan fungsi perpustakaan yang koleksinya dapat di manfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, membantu pelaksanaan tugas atau pun sebagai hiburan.

      Perpustakaan sekolah sebagai salah satu bagian integral sekolah harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar perpustakaan sekolah dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Dalam pelaksanaannya, pengelola perpustakaan bukan hanya harus menjalankan layanan, melainkan juga harus melakukan kegiatan administrasi dengan cermat.

       Pengertian perpustakaan pun  berkembang dari waktu ke waktu. Pada abad ke-19 perpustakaan didefinisikan sebagai “suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yanng dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu. Kemudian ALA (The American Library Association) menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan “. Kemudian perpustakan jika tinjau secara umum adalah sebuah bangunan yang berisi kumpulan koleksi buku dari berbagai kategori didalamnya dan koleksi penunjang pustaka lainnya.  Sedangkan perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993).

         Di samping itu dalam penjelasan Undang-Undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini.

     Dari penjelasan di atas pengelola perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Beberapa program yang di rencanakan selama satu semester, di harapkan dapat member ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.

Visi

Perpustakaan sebagai pusat keilmuan yang memberikan layanan informasi yang bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar di SMP Negeri 45 Surabaya dalam menyelenggarakan pendidikan yang membentuk insan yang berakhlak mulia, berbudaya adiwiyata, ramah, berprestasi, bersih narkoba, dan mandiri.

Misi Perpustakaan

  1. menyediakan informasi dan ide yang merupakan faktor fundamental bagi kemajuan masyarakat masa kini yang berbasis informasi dan pengetahuan;
  2. menyediakan sarana pembelajaran bagi peserta didik agar mampu belajar sepanjang hayat dan mengembangkan daya pikir agar dapat hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Penyelenggaraan Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya mempunyai beberapa Tujuan sebagai berikut :

  1. Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya mampu mengemban Visi dan Misi SMP Negeri 45 Surabaya
  2. Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya dapat menimbulkan kecintaan membaca siswa- siswi SMP Negeri 45 Surabaya.
  3. Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya mampu memperkaya pengalaman dan pengetahuan belajar siswa- siswi SMP Negeri 45 Surabaya.
  4. Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya menjadi sarana pembelajaran siswa secara mandiri sehingga siswa- siswi SMPN Negeri 45 Surabaya mampu secara mandiri mencarai pengetahuan lewat koleksi perpustakaan.

Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya dapat membantu guru, siswa- siswi, serta anggota staf SMP Negeri 45 Surabaya dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan serta menumbuhkan semangat perjuangan dalam dunia pendidikan

Fungsi Perpustakaan

Penyelenggaraan Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya mempunyai beberapa Fungsi sebagai berikut :

  1. Fungsi Informatif

Perpustakaan ini mampu menyediakan bahan- bahan pustaka yang tidak hanya berupa buku- buku teks tetapi juga menyediakan bahan- bahan pustaka non buku seperti majalah, surat kabar, bulletin, serta beberapa perlengkapan multimedia yang mampu memberikan informasi yang lebih beragam bagi seluruh sivitas akademik SMP Negeti 45 Surabaya.

  1. Fungsi Edukatif

Perpustakaan ini nantinya berperan dalam kegiatan pendidikan siswa- siswi SMP Negeri 45 dengan penyediaan buku- buku non fiksi atau buku yang berkaitan dengan pembelajaran atau kurikulum sekolah guna menambah pengetahuan siswa- siswi SMP Negeri 45 Surabaya selain pengetahuan yang telah didapatkan di dalam kelas.

  1. Fungsi Riset

Perpustakaan nantinya mampu menjadi tempat riset bagi siswa- sisswi serta pengajar yang sedang melakukan penelitian dan membutuhkan literature untuk penelitian tersebut dapat mebaca sumber informasi yang ada di perpustakaan sesuai dengan subyek ilmu yang diteliti. Sehingga nantinya mampu menciptakan siswa- siswi dan pengajar yang kritis, dan tanggap terhadap pengetahuan.

  1. Fungsi Administratif

Perpustakaan menyelenggarakan kegiatan sehari- hari perpustakaan berupa kegiatan peminjaman, pengelbalian koleksi perpustakaan atau disebut dengan system sirkulasi perpustakaan, pembuatan kartu anggota perpustakaan, serta kegiatan administrasi lainnya yang dilakukan oleh pustakawan atau pengelola perpustakaan.

  1. Fungsi Rekreatif

       Perpustakaan mampu menjadi tempat rekreatif bagi para siswa- dan siswi serta para pengajar untuk mendapatkan suasanan yang mempengaruhi psikologis mereka dengan berkunjung di perpustakaan dan membaca koleksi perpustakaan yang bersifat rekreatif berupa koleksi fiksi seperti cerpen, novel, buku keterampilan, dan koleksi multimedia lainnya. Sehigga dapat menghilangkan penat sejenak setelah mengikuti kegiatan akademik didalam kelas.

6 Tugas Pokok

            Perpustakaan SMP Negeri 45 Surabaya mempunyai tugas pokok membantu kelancaran terlaksananya programpendidikan khususnya dalam hal penyiapan dan pengolahan bahan pustaka serta layanan bahan informasi